06 April 2020

BEGINI POSISI TANGAN YANG BENAR SAAT MEMEGANG LINGKAR KEMUDI

BEGINI POSISI TANGAN YANG BENAR SAAT MEMEGANG LINGKAR KEMUDI

Saat ini masih banyak pengemudi yang masih belum memahami posisi tangan yang benar saat mengemudikan kendaraan. Padahal posisi tangan yang salah bisa mengakibatkan pengemudi kurang sigap bereaksi saat dihadapkan pada situasi darurat.

Posisi tangan yang benar saat memegang setir adalah kedua telapak tangan menggenggam kemudi di bagian terluar. Jempol di kedua telapak tangan juga tidak boleh ditekuk ke dalam. Jika diibaratkan jarum jam, bagian terluar yang dimaksud adalah tangan kiri berada di posisi pukul 9, sedangkan tangan kanan di pukul 3.

Selain dianggap lebih aman, fitur-fitur pada mobil modern biasanya juga terpasang pada bagian setir di posisi pukul 9 dan 3. Sedangkan bagian terdalam yang tidak disarankan adalah tangan kiri di posisi pukul 10 dan tangan kanan di posisi pukul 2, atau bahkan lebih tinggi lagi, yakni di posisi pukul 11-1 dan 12. Kurang amannya posisi 10-2, 11-1, atau bahkan 12 karena ada potensi tangan menyilang saat menghadapi situasi darurat. Di posisi tangan menyilang, pengemudi dianggap lebih sulit mengendalikan kendaraan sehingga berpotensi menyebabkan insiden.

Pengemudi akan mudah bermanuver di situasi darurat jika memegang setir di posisi 9-3. Selain posisinya yang sejajar dengan jantung, posisi 9-3 juga sesuai dengan perkembangan teknologi keselamatan kendaraan karena tidak menghalangi keluarnya kantong udara atau airbag.

Referensi: https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/27/090500215/begini-posisi-tangan-yang-benar-saat-memegang-lingkar-kemudi